Tips Latihan Menyanyi yang Baik

Tips Latihan Menyanyi yang Baik

latihan-menyanyi-yang-baikApakah Anda suka bernyanyi tetapi tidak percaya diri dengan suara Anda sedangkan Anda ingin terlihat sempurna di depan orang? Menyanyi memang aktifitas yang disukai beberapa orang, entah itu untuk sekedar hobi atau menghilangkan stress. Untuk menghasilkan suara yang bagus diperlukan beberapa cara agar terdengar merdu. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika suara Anda terdengar pas-pasan karena ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar suara Anda terdengar merdu. Anda juga harus mengetahui bahwa menyanyi berkaitan erat dengan pernapasan. Pernapasan sendiri dibagi menjadi 3 bagian, yakni pernafasan bahu, pernafasan dada, dan pernafasan diafragma. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas seputar latihan menyanyi yang baik!

4 Teknik Dasar Dalam Latihan Menyanyi yang Baik

  1. Teknik Melatih Pernafasan

Teknik melatih pernafasan adalah hal pertama dalam melatih suara agar terdengar bagus. Nafas adalah kunci utama dalam memproduksi suara.Semakin kuat nafas semakin baik pula getaran suara yang dihasilkan. Mengingat akan hal itu, pernafasan hendaknya selalu dilatih setiap hari. Pernafasan sendiri terdiri dari 3 macam, yakni pernafasan bahu, pernafasan dada, dan pernafasan perut. Untuk melatih pernafasan bahu, hendaknya anda mengangkat bahu Anda dan memasukkan udara ke paru-paru Anda. Melatih pernafasan bahu harus hati-hati karena jika tidak hati-hati maka akan menimbulkan suara dangkal dan terputus-putus. Sedangkan pernafasan dada, Anda harus menghirup udara dan menyimpannya di dalam dada. Olah nafas ini sangat bagus untuk lagu-lahu yang bernada rendah. Yang terakhir adalah  melatih pernafasan diafragma dengan cara menyimpan nafas dalam diafragma (rongga di antar dada dan perut). Olah nafas diafragma sangatlah bagus bagi para penyanyi karena menimbulkan power ketika bernyayi dan kualitas vokal yang baik.

  1. Teknik Melatih Pitch Control

Teknik melatih suara agar terdengar bagus dengan pitch control merupakan teknik yang digunakan untuk mengenali bunyi dan membunyikan nada dengan tepat agar suara tidak fals dalam menyanyi. Intonasi yang dihasilkanpun harus terdengar indah dan sesuai dengan iringan irama lagu. Pitch control merupakan hal yang paling penting untuk mengontrol berjalannya nada-nada suara. Agar terbentuk pitch control yang baik hendaknya memperhatikan beberapa hal seperti rasa musikal, pendengaran yang baik, dan kontrol pernafasan.

  1. Teknik Melatih Artikulasi (Pengucapan)

Dalam melatih artikulasi, hendaknya Anda memperhatikan beberapa anggota tubuh Anda seperti pita suara, bibir, rahang bawah, dan lidah. Untuk melatih pita suara, Anda bisa membunyikan kata nanana berulang-ulang dengan memakai nada do-re-mi-fa-sol-la-si-do sampai getaran suara yang dihasilkan tidak terputus-putus. Sedangkan untuk melatih bibir, Anda cukup mengucapkan salah satu kata yang mengandung huruf l,a,u,m,d ddengan berulang-ulang. Agar rahang bawah Anda terlatih secara baik, Anda bisa melafalkan wawawa, atau yayaya dengan mulut terbuka lebar.

Demikian 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk berlatih menyanyi agar kualitas suara  yang dihasilkan bagus. Semoga informasi tentang  latihan menyanyi yang baik tersebut bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!

Comments are closed.