Cara Melatih Suara Tinggi dan Rendah

Cara Melatih Suara Tinggi dan Rendah

cara-melatih-suara-tinggi-dan-rendahSetiap orang memiliki range vokal sendiri dengan keunikannya masing-masing. Perlu Anda ketahui bahwa rata-rata range vokal orang berada pada 1 sampai 3 oktaf. Tetapi orang-orang tertentu memiliki range vokal melebihi 3 oktaf. Ketika Anda melakukan olah vokal, Anda bisa melatih suara tinggi dan suara rendah Anda asalkan Anda tahu benar cara melatihnya. Berikut adalah  cara melatih suara tinggi dan rendah.

Beberapa  Cara Melatih Suara Tinggi dan Rendah yang Bisa Anda Ikuti

  1. Lakukan Pemanasan

Tips dalam mengatur suara tinggi rendah pertama adalah dengan melakukan pemanasan. Pemanasan dapat dilakukan dengan membunyikan beberapa bunyi seperti “ha”, “ho”, “mah” sesuai dengan oktafnya. Apabila Anda memiliki range vokal yang rendah, tempatkan bunyi nada tersebut dengan nada rendah dan begitupun sebaliknya. Lakukan pemanasan setiap sebelum latihan menyanyi dimulai selama beberapa menit. Agar Anda lebih bersemangat dalam latihan, Anda bisa mengiringinya dengan musik piano ataupun keyboard.

  1. Lakukan Olah Nafas

Olah nafas akan membantu melatih suara timggi dan suara rendah Anda. Konsep dasar dari olah nafas adalah menghirup udara sebanyak-banyaknya dan mengeluarkannya sedikit demi sedikit. Lakukanlah olah nafas secara teratur sesuai dengan jenis pernapasan yang sesuai dengan range vokal Anda. Apabila Anda bertipe suara rendah, gunakanlah pernapasan dada. Hiruplah udara sedalam-dalamnya dan masukkan ke dalam rongga dada, lalu keluarkanlah secara pelan-pelan. Sedangkan apabila suara Anda bertipe tinggi, gunakanlah pernapasan diafragma.Hiruplah udara sebanyak-banyaknya dan simpan di dalam diafragma Anda, lalu keluarkan secara perlahan-lahan.

  1. Berlatih Menyanyikan Lagu Sesuai Tipe Suara

Apabila suara Anda bertipe tinggi, Anda bisa menyanyikan sebuah lagu yang bernada tinggi hingga mencapai oktaf tertinggi Anda sampai 2 atau 3 kali. Ambil nafas secukupnya dan berusahalah untuk mencapai oktaf setinggi-tingginya. Setelah Anda mencapai oktaf yang paling tinggi, lakukan hal sama kepada lagu-lagu selanjutnnya. Apabila suara Anda bertipe rendah, carilah lagu-lagu pelan yang bernada rendah. Langkah-langkahnya sama seperti sebelumnya namun dengan berkonsentrasi dengan mencapai oktaf terendah. Menyanyilah dengan senang hati secara teratur dan rajin setiap harinya, maka kualitas suara Anda akan semakin membaik sesuai dengan range vokal yang Anda miliki.

4.Tips Non-Teknis

Selain beberapa hal teknis yang disebutkan sebelumnya, Anda juga harus memperhatikan hal-hal yang bersifat non-teknis dalam melatih suara tinggi dan suara rendah Anda. Perbanyaklah minum air mineral agar suara Anda tetap prima. Anda juga bisa memakan rempah-rempah seperti kencur untuk menghangatkan tenggorokan Anda. Sedangkan minuman yang harus Anda hindari adalah susu. Susu sangat tidak bagus karena akan menyebabkan suara pita Anda mnjadi tegang.

Demikian 4 hal tentang cara melatih suara tinggi dan rendah. Semoga tips tersebut bermanfaat bagi Anda.

Comments are closed.