Cara Melatih Nafas Panjang

cara-melatih-nafas-panjangNafas merupakan hal yang paling penting dalam bernyanyi. Melalui beberapa teknis  pernapasan, maka akan tercipta suara-suara yang enak didengar. Para penyanyipun akan kehilangan pamornya ketika suara yang dihasilkan tidak begitu maksimal karena tidak melakukan teknik pernapasan sebelum bernyanyi. Salah satu jenis nafas yang membuat suara bagus adalah keberadan nafas panjang. Nafas yang panjang akan membuat penyanyi menjadi lebih powerfull dan menghasilkan range vokal yang mencapai oktaf tinggi. Bagaimana  cara melatih nafas panjang? Yuk kita bahas beberapa langkah yang bisa Anda iktuti untuk melatih nafas panjang.

Inilah  Cara Melatih Nafas Panjang dalam Teknik Menyanyi

  1. Lakukan Teknik Hirup-Tahan-Keluarkan

Tips berlatih nafas panjang dalam bernyanyi  yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan posisi tubuh. Posisi tubuh yang bisa dilakukan bermacam-macam mulai dari duduk sampai berdiri dalam keadaan tubuh tegap. Setelah itu, gunakan teknik pernapasan perut, Hiruplah udara dalam-dalam dan masukkanlah ke dalam perut Anda. Tahanlah nafas Anda 10 sampai 15 detik dengan keadaan perut menggembung. Setelah menahan nafas, keluarkan udara yang Anda hirup secara perlahan-lahan melalui mulut yang terbuka kecil. Apabila Anda berhasil melakukan latihan nafas panjang dengan menghirup, menahan, dan mengeluarkan selama 10 sampai 15 detik, tingkatkanlah durasi yang bisa Anda lakukan. Dari 10 detik menjadi 15 detik, dari 15 detik menjadi 20 detik, dari 20 detik menjadi 25 detik dan seterusnya sampai di tahap batas yang bisa Anda lakukan.

  1. Lakukan Olah Raga Rutin

Tips berlatih nafas panjang dalam bernyanyi  yang kedua adalah melakukan olah raga yang rutin. Lakukan peregangan-peregangan tubuh yang membuat nafas Anda menjadi panjang seperti meregangkan tangan dan membongsorkan dada Anda. Lakukanlah pelemasan-pelemasan agar otot Anda tidak tegang. Setelah itu, Anda bisa melakukan jogging atau lari kecil selama 5 menit. Aturlah nafas Anda ketika melakukan jogging. Apabila Anda kuat mengatur nafas selama jogging dengan durasi 5 menit, tambahlah durasi jogging Anda menjadi 10 menit, lalu 15 menit, dan seterusnya.

  1. Pilihan Makanan dan Minuman yang Bagus untuk Tubuh

Tips berlatih nafas panjang dalam bernyanyi  yang ketiga adalah pemilihan makanan yang bagus untuk tubuh. Makanan bagus yang dimaksudkan adalah makanan-makanan yang mengandung banyak gizi, tidak mengandung minyak, dan pedas. Apabila Anda makan makanan yang pedas dan berminyak, tentunya akan membuat tenggorokan Anda menjadi iritasi sehingga pernafasan Anda akan terganggu. Selain itu, perbanyaklah minum air putih agar kondisi tubuh Anda semakin prima sehingga nafas yang dihasilkan akan lebih panjang.

Demikian informasi mengenai cara melatih nafas panjang dalam bernyanyi. Tips-tips tersebut bisa Anda ikuti secara seksama. Semoga bermanfaat!