Cara Belajar Ukulele untuk Pemula

Cara Belajar Ukulele untuk Pemula

cara-belajar-ukulele-untuk-pemulaApakah Anda pernah melihat orang yang memainkan ukulele dengan indah? Kalau Anda sudah pernah, Anda akan mendengarkan alunan keroncong yang mendayu-dayu. Mungkin sebagian orang masih awam dengan alat musik tersebut. Apakah itu ukulele? Ukulele adalah alat musik petik seperti gitar berbentuk kecil yang biasanya dimainkan dengan cara dibetot atau dipetik dengan jari. Cara memainkannya memang agak susah-susah gampang, akan tetapi bila dipelajari secara serius maka akan mudah memainkannya. Berikut adalah cara belajar ukulele untuk pemula!

Berikut 4 Cara Belajar Ukulele untuk Pemula 

  1. Cara Memilih Ukulele

Memilih ukulele adalah tips utama bagi Anda yang ingin belajar ukulele untuk pertama kalinya. Pilihlah ukulele yang berukuran pas dan membuat Anda nyaman. Ukuran ukulele bervariasi dari yang paling kecil bernama soprano sampai yang paling besar bernama baritone. Bagi para pemula, Anda bisa memilih ukulele soprano karena mudah dibawa ke mana-mana. Hal kedua adalah perhatikan jenis material ukulele tersebut. Ukulele dibuat dari berbagai macam kayu mulai dari kayu mangga, mahoni, akasia dan lainnya. Namun yang paling baik adalah yang terbuat dari kayu koa. Terakhir adalah pemilihan merek ukulele. Brand terkenal dan terbaik di antaranya adalah Kala, Mahalo, Pono, dan Kamaka.

  1. Cara Memegang Ukulele yang Baik

Teknik memegang ukulele juga harus Anda perhatikan. Ada dua jenis posisi yang digunakan ketika bermain ukulele, yakni posisi berdiri dan posisi duduk. Ketika posisi berdiri, Anda bisa menempelkan ukulele pada dada Anda dan berdirilah secara tegap. Ketika pada posisi duduk, Anda bisa menempelkan ukulele pada salah satu kaki Anda dan memposisikan tangan kanan Anda untuk memetik gitar dengan benar. Catatan penting yang harus Anda ingat adalah jangan terlalu keras menempelkan alat petik tersebut pada tubuh Anda karena akan mengakibatkan getaran suara yang tentunya tidak enak didengar.

  1. Latihan Fingering dan Memetik

Sama seperti bermain gitar, bermain ukulele memerlukan teknik fingering atau senam jari. Fingering akan membantu ketrampilan jari-jemari Anda dalam bermain alat petik tersebut. Setelah jari jemari Anda mulai terlatih untuk menggerakkannya. Mulailah untuk berlatih memetik gita dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas dengan berulang-ulang. Ketika Anda sudah mahir dalam memetik, Anda bisa menambahkan variasi lain dengan menambahkan tamparan dengan telapak tangan Anda.

  1. Pelajari Kunci Dasar Ukulele

Ada 3 jenis kunci dasar dalam bermain ukulele, yakni kunci mayor, kunci minor, dan kunci 7. Kunci mayor terdiri dari 7 chord (CDEFGABC). Dari 7 chord tersebut, kunci ACDEF lah yang sering dipakai. Sedangkan kunci minor berfungsi umtuk menegaskan sebuah lagu yang mana terdapat 3 kunci minor yang sering digunakan yakni Am, Dm, dan Em. Dan yang terakhir adalah kunci 7 yang tidak begitu diperhatikan oleh para pecinta ukulele namun memiliki peran yang penting dalam memainkan ukulele..

Demikian 4 hal penting yang harus Anda ketahui ketika akan belajar bermain ukulele. Semoga informasi tentang  cara belajar ukulele untuk pemula tersebut bermanfaat. Selamat mencoba!

Comments are closed.