Cara Belajar Piano untuk Pemula Secara Otodidak

Cara Belajar Piano untuk Pemula Secara Otodidak

Carcara-belajar-piano-untuk-pemulaa Belajar Piano untuk Pemula- Piano adalah salah satu alat musik yang memiliki nada-nada yang saling beriringan dan begitu dinamis. Permainan piano sangat digemari oleh kebanyakan orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Suaranya yang merdu dengan alunan nada-nada membuat kehidupan jadi lebih berwarna setelah mendengarkannya. Apakah Anda termasuk orang yang suka mendengar alunan musik piano tapi tidak bisa mengoperasikan alat musik tersebut? Anda tidak usah bingung, permainan piano sangat mudah dipelajari. Anda tidak perlu ikut les piano yang menghabiskan banyak uang. Berikut adalah beberapa ulasan tentang  cara belajar piano untuk pemula.

Berikut  Panduan Cara Belajar Piano untuk Pemula Secara Otodidak

  1. Pelajari Akor pada Piano

Tips bagi Anda yang ingin belajar piano untuk pertama kalinya  adalah dengan mempelajari akor atau kunci dasar piano. Di dalam pembelajaran akor, Anda harus mengerti triad. Triad adalah 3 nada dasar Do-Mi-Sol yang digunakan untuk membentuk akor. Hendaknya Anda melakukan latihan membentuk akor berulang-ulang dengan tangan kiri saja. Buatlah tangan kiri Anda menjadi terlatih dengan latihan yang terus-menerus. Setelah Anda terlatih, Anda bisa mencoba untuk menggabungkan not-not pada setiap tuts dan pada akhirnya akan terbentuk suatu akor yang memiliki keharmonisan nada.

  1. Lakukan Latihan Fingering

Fingering adalah suatu bentuk latihan senam jari di dalam bermain piano agar jari-jemari Anda menjadi nyaman dan tidak kaku. Lakukan pelatihan senam jari dengan menggunakan tuts harmoni yang sederhana secara terus menerus. Fingering dibagi dua yakni fingering tangan kanan dan fingering tangan kiri. Anda harus tahu posisi-posisi jari jemari Anda dalam menekan nada-nada dasar piano, semisal ibu jari menekan nada C, jari telunjuk menekan nada D, Jari tengah menekan nada E, dan seterusnya. Latihan fingering hendaknya dilakukan 3 kali dalam sehari selama 1 sampai 2 jam.

  1. Menyamakan Tangan Kanan dengan Tangan Kiri

Setelah melakukan fingering dengan tuts harmoni yang sederhana, belajarlah menekan tuts piano dengan menggunakan tangan kanan dan kiri secara bersamaan. Anda harus bisa menyeimbangkan tangan Anda, misalnya tangan kanan menekan nada E makan tangan kiri Anda juga harus menekan nada E juga. Lakukanlah hal tersebut secara berulang-ulang agar tangan Anda menjadi refleks dan lihai.

  1. Memahami Nada Minor dan Nada Mayor

Tips bagi Anda yang ingin belajar piano untuk pertama kalinya dan memahami lebih dalam tentang piano adalah dengan mempelajari tangga nada minor dan tangga nada mayor. Nada minor biasanya digunakan untuk lagu yang bertemakan sedih sedangkan nada mayor digunakan untuk lagu-lagu gembira. Anda harus belajar untuk menggabungkan dua tangga nada tersebut dengan berlatih secara teratur. Pilihlah lagu-lagu yang sederhana dalam memainkan dua tangga nada tersebut.

Demikian beberapa ulasan singkat tentang  cara belajar piano untuk pemula. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda! Selamat belajar piano!

Comments are closed.