Cara Belajar Harmonika untuk Pemula

cara-belajar-harmonika-untuk-pemulaCara Belajar Harmonika untuk Pemula- Harmonika merupakan salah satu alat musik tiup yang bebentuk kecil persegi panjang dan memiliki nada-nada yanng harmoni nan dinamis. Memainkan alat musik harmonika sebenarnya sangat menyenangkan dan mudah walaupun sebagian orang beranggapan bahwa bermain harmonika adalah hal yang susah. Apakah Anda ingin belajar bermain alat musik harmonika? Lalu, bagaimana cara belajar harmonika untuk pemula? Berikut adalah beberapa ulasan tentang hal-hal yang harus Anda ketahui dalam belajar harmonika:

Beberapa Hal tentang Cara Belajar Harmonika untuk Pemula

  1. Pemilihan Alat Musik Harmonika

Pemilihan alat musik harmonika adalah  tips penting bagi Anda yang ingin belajar harmonika untuk pertama kalinya. Pilihlah alat musik harmonika yang mudah dimainkan khusunya untuk para pemula. Anda bisa memainkan harmonika diatonis dan kromatik. Harmonika diatonis adalah salah satu alat musik harmonika yang sangat terkenal dan sering dimainkan oleh khalayak umum. Harganya pun sangat terjangkau. Alat musik yang bisa dimainkan dengan beberapa lagu ini menggunakan tombol kunci C. Sedangkan, harmonika kromatik merupakan salah satu jenis harmonika yang mempunyai sistem mekanik yang berfungsi untuk mengendalikan lubang-lubang pada alat tersebut guna menghasilkan nada-nada yang indah. Dari segi harga, harmonika kromatik memang agak lebih mahal daripada harmonika diatonis.

  1. Ketahui Teknik Dasar Pernafasan

Hal terpenting selanjutnya adalah memahami teknik dasar pernafasan. Berlatihlah dengan cara meniup dan mengambil nada dasar do-re-mi-fa-sol-la-si-do. Anda juga harus memahami teknik menyedot dan meniup karena akan menentukan setiap nada dasar. Lakukanlah teknik menyedot dan meniup secara pelan-pelan dan teratur setiap hari. Apabila Anda sudah terbiasa melatih pernafasan dalam memainkan alat musik harmonika, maka Anda bisa mempelajari kunci nada harmonika yang lebih kompleks. Untuk teknik meniup agar menimbulkan nada suara, Anda harus memilih satu lubang untuk dijadikan sandaran mulut. Lalu, tiuplah tiga lubang secara bersama dan lakukan gerakan perpindahan dari satu lubang ke lubang lainnya. Cara tersebut dikenal dengan istilah “straight up”. Untuk teknik menghisap, Anda bisa menggunakan cara “cross-harp” yakni menghisap harmonika dengan meninggikan nada satu langkah.

  1. Perhatikan Teknik Memegang Harmonika

Teknik memegang harmonika sangatlah penting. Untuk para pemula, gunakan jari telunjuk dan jempol tangan kiri (tangan kurang dominan) dan geserkanlah ke permukaan harmonika. Apabila Anda sudah terbiasa dan terlatih,  gunakan kedua tangan atau yang disebut dengan tangan dominan. Anda bisa menyandarkan pangkal telapak kanan di bawah jempol kiri dan membaringkan ujung telapak kanan sepanjang tangan kiri.

Demikian 3 hal yang harus Anda lakukan ketika akan belajar bermain harmonika. Semoga tips tentang  cara belajar harmonika untuk pemula tersebut bermanfaat. Selamat belajar harmonika!